Laporan Prakerin PKL
LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI PT.PLN (PERSERO) RAYON TANGGEUNG
Jl. Raya Tanggeung No....
Disusun Oleh:
RUSDI
1415100251
XI
(RPL)
PT.PLN.(PERSERO) RAYON TANGGEUNG
SMK NEGERI 1 CIJATI CIANJUR
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
KELOMPOK REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Alamat : Jl. Raya Jatilarang cijati
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI MOS COMPUTER
Jl.Tanggeung cianjur selatan
Laporan ini telah diterima setelah diperiksa oleh Pembimbing Lapangan sebagai bukti bahwa saya telah melaksanakan praktek kerja industri (PRAKERIN) dengan baik dan sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Nasional (UN).
1. Pemeriksaan oleh Pembimbing Lapangan
a. Hari/Tanggal : ……………………………
Bertempat pln tanggeung
Telp. (0322) 323431
Mengetahui,
Pembimbing Lapangan
.................................
Guru Pembimbing
................................., S.Pd
NIP.
Mengesahkan,
Kepala SMK Negeri 1 Cijati Cianjur
..........................................., M.Pd
NIP :
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Prakerin
1.2 Dasar dan Tujuan Prakerin
1.3 Waktu dan Tempat Pelaksanaan
1.4 Manfaat Pelaksanaan
1.5 Metode Pengumpulan Data
1.6 Sistematika Penulisan
BAB II RUANG LINGKUP
2.1 Kedudukan
2.2 Fungsi
2.3 Profil dan Sejarah
BAB III LAPORAN KEGIATAN
3.1 Laporan Kegiatan
BAB IV PENUTUP
4.1 Keterlaksanaan
4.2 Manfaat yang Dirasakan
4.3 Kesimpulan
4.4 Saran
LAMPIRAN
Foto Kegiatan Prakerin
KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdulillah saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan laporan ini dengan baik dan sebagai bukti bahwa saya telah melaksanakan praktek kerja industri (PRAKERIN).
Laporan ini disusun untuk mempertanggungjawabkan pelaksanaan praktik kerja industri (PRAKERIN) yang telah saya laksanakan di MOS COMPUTER mulai tanggal 01 Nopember 2012 sampai dengan
15 Januari 2013 dengan materi “Memperdalami tentang belajar ilmu pengetikan yang baik dan benar serta sesuai dengan ejaan Bahasa Indonesia”, saya banyak mendapatkan pengetahuan dan pengalaman berharga yang tak ternilai. Dan dengan bersumber dari hal-hal tersebut, akhirnya menjadi dasar dan bahan bagi penyusunan laporan ini. Sebelum melanjutkan penyusunan, terlebih dahulu saya mengucapkan banyak terima kasih kepada:
1. Ir. Magdalena Yenny Sri, M.Pd, selaku Kepala Sekolah SMK Negeri Sumberrejo
2. M. Hanan Badrus Surur, selaku Pembimbing Lapangan di MOS COMPUTER
3. M.Agus Purwanto, S.Kom, selaku Kepala Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri Sumberrejo
4. Moh. Rudi Hari Saputro, S.Pd, selaku Pembimbing di Dunia Industri
5. Bapak Ibu Guru yang telah membantu dan memberikan dukunganya
6. Kedua orang tua yang telah memberi dorongan dan semangat
8. Semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu yang senantiasa selalu membantu baik moral maupun materi
Saya mengakui bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, dengan dasar itu saya mohon kritik dan saran yang sifatnya membangun. Semoga laporan ini dapat berguna bagi semua baik bagi diri saya sendiri dan para pembaca pada umumnya.
Sumberrejo, 20 Januari 2016
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dalam rangka untuk mendekatkan kesesuaian antara mutu dan tamatan pendidikan sekolah menengah kejuruan (SMK) perlu adanya dukungan dari berbagai pihak yang terkait dengan bidang keahlian yang dibutuhkan oleh lapangan kerja. Salah satu pihak yang ikut serta dalam menghasilkan tamatan dan mutu pendidikan yang berkualitas dan berdedikasi tinggi serta berdisiplin ilmu adalah pihak DU/DI (dunia usaha/dunia industri).
Pelajaran praktek yang didapatkan dari sekolah masih belum ada artinya jika para siswa tidak dibekali/diberikan Praktek Kerja Lapangan seperti yang terjadi langsung di dunia usaha/dunia industri. Kegiatan belajar seperti ini masih belum cukup untuk bisa menyiapkan tenaga kerja yang professional dalam bidangnya. Oleh karena itu perlu adanya suatu kegiatan belajar dalam bentuk lain di sekolah yang berbentuk Praktek Kerja Industri.
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan sarana yang paling tepat bagi para siswa untuk mengetahui dan mempraktekkan secara langsung bagaimana proses produksi yang sedang berlangsung di sebuah industri dan juga sebagai tahapan awal untuk beradaptasi sebelum nantinya para siswa bekerja setelah keluar dari sekolah. Dengan begitu, siswa diharapkan dapat meningkatkan kegiatan belajarnya di sekolah dengan berpijak bahwa kalau mereka nantinya bekerja di dunia usaha/dunia industri sudah betul-betul siap dan matang, sebab para siswa lebih dahulu mendapatkan pengetahuan dan pengalaman tentangsituasi dan kondisi pada saat melaksanakan Praktek Kerja Industri.
1.2 DasardanTujuanPrakerin
Dasar:
PraktekKerjaIndustripadaPendidikanMenengahKejuruandidasarkanpadaketentuan-ketentuanyang tertuangdalam:
1. Keputusan Menteri No. 0490/1993 tentang Kurikulum SMK yang berisi bahwa “Dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaituPendidikan didalam sekolah dan Pendidikan diluar sekolah”.
2. UU. No. 2 tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaranataulatihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
3. PeraturanPemerintah No. 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah.
Tujuan:
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) bertujuan untuk:
1. Menghasilkantenaga kerja yang memiliki keahlian profesional(dengan tingkat pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yangsesuai dengan tuntunan lapangan kerja).
2. Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerjayang berkualitas profesional.
3. Meningkatkan, memperluas dan memantapkan proses peyerapan teknologi barudari lapangan ke sekolah dan sebaliknya.
4. Memperkokoh keterkaitan dan keterpaduan antara sekolah dengan dunia usaha/dunia Industri
Pendidikan di SMK bertujuan:
1. Mempersiapkan siswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yanglebih tinggi dan meluaskan pendidikan dasar.
2. Meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalammengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosialbudaya dan alam sekitarnya.
3. Meningkatkan kemampuan siswa untuk dapat mengembangkan dirisejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dankesenian.
4. Menyiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja danmengembangkansikap profesional.
1.3 Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Tempat Prakerin : PT.PLN RAYON TANGGEUNG
Alamat : Jl. RAYA Tanggeung 2km
Telp. : (0322) 323431
Waktu pelaksanaan : 2 Bulan 15 hari (01 Januari 2015 s/d 15 maret 2016)
Hari Kerja : Senin s/d Jum’at
Jam Kerja : Pkl. 07.30-15.00
1.4 Manfaat Pelaksanaan
Manfaat-manfaat yang diperoleh dalam pelaksanaan Prakerin, antara lain:
1. Mendapatkan pendidikan atau ilmu pengetahuan yang belum diperoleh di lingkungan sekolah.
2. Dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja di Industri.
3. Dapat mengetahui sistem kerja dan situasi kerja di suatu Industri atau perusahaan.
5. Dapat menambah keterampilan dan wawasan dalam dunia usaha yang professional dan handal.
4. Dapatmengenali suatu pekerjaan industri di lapangan sehingga setelah selesai dariSMK Negeri 1 Cijati Cianjurterjun ke lapangan kerja industri dapat memandang suatu pekerjaan yang tidak asing lagi baginya.
6. Untuk mengasah keterampilan yang telah diberikan di sekolah dan juga sesuai dengan Visi dan Misi SMK Negeri 1 Cijati
1.5 Metode Pengumpulan Data
Sebagaimanakitaketahuiuntukbisamenyusunlaporan yang baik, maka dibutuhkan data serta informasi-informasi yang akurat.Sesuaidengan permasalahan yang dibahas untukmemudahkanpembahasan, serta menyempurnakan data-data yang dibutuhkan dalam menyusunan laporan ini, maka saya melakukan metode pengumpulan data melalui 2 (dua) cara yaitu:
a. Secara Langsung atau Metode Observasi
Yang dimaksud dengan pengumpulkan data secara langsung adalah saya mengumpulkan data dengan cara observasi secara langung di instansi dengan menggunakan teknik wawancara kepada staf atau karyawan yang berwenang atau mengenai informasi yang saya butuhkan.
b. Secara Tidak Langsung atau Metode Kepustakaan
Yang dimaksud dengan metode pengumpulan data tidak langsung adalah saya selaku penulis berpedoman pada buku-buku atau referensi yang berkaitan dan berhubungan dengan materi yang diangkat atau isi laporan saya.
1.6. Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan adalah berisi uraian singkat setiap bab, mulai dari BAB I hingga Ke-BAB IV, dimana uraian ini memberikan gambaran secara langsung tentang isi dari tiap-tiap bab yang ada dalam laporan ini.
BAB II
RUANG LINGKUP
2.1 Kedudukan
Pelaksanaan Praktek Kerja Industri saya laksanakan di MOS COMPUTER.
2.2 Fungsi
Sebagai pelaksana harian di PTPLN PERSERO RAYON TANGGEUNG saya ikut membantu keseharian instansi. Banyak pengetahuan serta pengalaman yang saya peroleh dari aktifitas keseharian yang saya jalankan setiap hari. Menambah keterampilan juga serta menambah wawasan dalam dunia usaha. Sebagai bekal ketika keluar nanti.
b. VISI PLN
Memberikan hasil usaha yang positif bagi stakeholders dan masyarakat luas, beroperasi dan berperilaku berdasarkan nilai-nilai moral budaya kerja yang dapat diterima oleh segala lapisan masyarakatserta mitra kerja, dan memberikan kontribusi yang positif dalam meningkatkan kesejahteraan serta kecerdasan masyarakat.
c. MISI PLN
Sebagai wadah dan pendorong masyarakat untuk mencerdaskan serta mensejahterakan bangsa, memperkuat persatuan dan menumbuhkan nilai-nilai persaudaraan melalui teknologi.
Bidang kegiatan sehari-haridikemas dengan mengedepankan kerja sama dan terus belajar untuk hal-hal yang positif guna menghasilkan produk yang dibutuhkan dan bermanfaat untuk berbagai golongan dengan harapan tercipta suasana dan nilai simbiosis mutualisme antara MOS Computer dengan masyarakat pada umumnya.
d. MOTTO PLN
“Membangun ekonomi yang islami”
BAB III
LAPORAN
3.1 Kegiatan yang saya laksanakan pada Mos Computer adalah:
Penginstalan Sistem Operasi
Program aplikasi
Pengetikan
Editing foto
Adapun kegiatan yang kami lakukan adalah sebagai berikut :
No Tanggal Mulai Pulang Bidang / jenis dan uraian
1 05 Nopember 2014 07.00 13.00 Pengenalan
2 06 Nopember 2014 07.00 13.00 Mengetik Cerpen
Mengetik soal-soal sekolah
3 07 Nopember 2014 07.00 13.00 Mengetik soal-soal ulangan
Scanning gambar
4 08 Nopember 2014 07.00 13.00 Mengetik soal-soal
Burning CD
5 09 Nopember 2014 07.00 13.00 Mengetik surat pernyataan
Memasukkan data guru dalam Ms. Exel
Burning CD
6 10 Nopember 2014 07.00 13.00 Memasukkan data dalam Ms. Exel
Scanning gambar
Burning CD
7 11 Nopember 2014 07.00 13.00 LIBUR
8 12 Nopember 2014 07.00 13.00 Mengetik soal matematika
Print data dalam Ms. Exel
Scanning gambar
BAB III
PENUTUP
4.1 Keterlaksanaan
Faktor pendukung:
1. Aplikasi program yang tersedia.
2. Fasilitas yang yang baik dan cukup.
3. Hubungan antar karyawan yang saling bekerjasama dan menjadikan partner yang baik dan saling menguntungkan.
4. Dukungan dari keluarga, gurudan teman.
4.2 Manfaat yang Dirasakan
1. Memperoleh pengetahuan dan pengalaman kerja dari dunia usaha/dunia industri secara langsung yang tidak didapatkan dari sekolah
2. Memperoleh pengalaman belajar di luar sekolah sebagai tambahan dan sekaligus pembuktian secara langsung dari teori-teori dan praktek-praktek yang didapatkan di bangku sekolah
3. Sebagai bekal persiapan diri setelah keluar dari sekolah
4. Melihat dan sekaligus mempraktekkan langsung, bagaimanasistem kerja di Industri
5. Menjadikan dunia usaha/dunia industri yang bersangkutan sebagai sarana untuk beradaptasi guna menyongsong masa depan sebagai tenaga pekerja yang baik dan bermutu.
6. Memilikiketekunandankeuletandalambekerja
4.3 Kesimpulan
Kesimpulan dari laporan ini adalah:
Dari Prakerin yang telah saya jalankan selama 2 bulan 15 hari ini. Saya merasa mendapatkan ilmu yang sangat tak ternilai, banyak ilmu serta keterampilan yang saya dapatkan. Di sini saya bisa belajar dan mempraktekkan secara langsung bagaimana sistem kerja di dunia luar itu. Ternyata banyak pengalaman yang saya dapatkan.
Selama melakukan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) saya telah menemukan jati diri selama berada di instansi dan berinteraksi dengan masyarakat luas dan saya mengerti akan pentingnya komunikasi dalam suatu dunia usaha. Dengan demikian saya mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan bimbingan dari semua pihak terutama dari pihak sekolah dan Industri yang telah memberikan saya kesempatan melaksanakan program Prakerin di Industri atau perusahaan.
4.4 Saran
Untuk SMK Negeri 1 Cijati:
1. Saya mengharapkan agar Program Sistem Ganda dapat diteruskan dan dapat ditingkatkan.
2. Saya mengharapkan agar pihak sekolah untuk aktif memberikan peninjauan, agar dapat mengetahui kekurangan-kekurangan yang ada pada diri siswa yang sedang melaksanakan PSG maupun instansi tempat siswa melaksanakan PSG.
3. Saya mengharapkan agar pihak sekolah lebih meningkatkan kualitas SDM dan kurikulum pendidikan, agar dapat menghasilkan pekerja yang handal.
Untuk PLN:
1. Semoga lebih maju, sukses dan lancar usahanya.
2. Saya mengucapkan banyak terima kasih. Banyak pengetahuan serta pengalaman yang luar biasa yang tidak saya peroleh di sekolah.
3. Saya juga minta ma’af, jika ada kesalahan. Baik yang saya sengaja maupun tidak.
BAB IV
LAMPIRAN